Georg Petschnigg berang,Facebook menjiplak ciptaannya

Los Angeles - Peluncuran aplikasi Paper di Facebook membuat Georg Petschnigg berang. Bukan apa-apa, pendiri FiftyThree--perusahaan pembuat aplikasi--itu menuding Facebook menjiplak ciptaannya.

"Paper muncul di berbagai media, tetapi disebutkan sebagai aplikasi buatan perusahaan lain," kata Petschnigg, seperti dikutip harian Amerika Serikat, Los Angeles Times, Selasa, 4 Februari 2014. Dia mengatakan terkejut saat mengetahui kabar Facebook meluncurkan aplikasi dengan nama yang sama pada Januari lalu.

Sebab, FiftyThree telah lebih dulu merilis Paper, yakni pada Maret 2012 dan tergolong sukses. Apple menyebutnya sebagai aplikasi terbaik bagi sabak digital iPad di tahun tersebut.

Kehadiran Paper di media sosial terpopuler sejagat itu membuat FiftyThree terdesak. "Kami hanya memiliki sedikit ruang untuk bersaing dengan perusahaan sebesar Facebook," ujar Petschnigg.

Akhir pekan lalu, kuasa hukum Paper melayangkan surat ke Menlo Park, California, kantor pusat Facebook. Mereka meminta agar situs jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu mengubah nama fitur teranyar mereka tersebut. Namun, Facebook ini menolak berkomentar. Meski belum mendapatkan konfirmasi, Petschnigg optimistis solusi akan segera tercapai.

Analis lembaga riset Gartner, Brian Blau, mengatakan perusahaan teknologi harus berhati-hati dalam melabeli produknya. "Apa pun alasannya, harus menggunakan nama yang berbeda," katanya.

Paper yang hadir di Facebook memungkinkan penggunanya untuk membaca serta menulis berita. Paper memuat News Feed yang terdiri atas foto, video, dan artikel dengan tampilan yang lebih nyaman dilihat ketimbang News Feed versi lama. Berita lain yang muncul juga beragam, seperti internasional, olahraga, teknologi, dan lainnya. Untuk sementara, Paper baru bisa digunakan lewat iPhone.
Share:

0 comment:

Post a Comment