Sosok di Balik Google Doodle Hari Ini,Jean Batten

Jean Batten yang lahir pada 15 September 1909 di Rotorua, Selandia Baru, sama sekali tidak berasal dari keluarga penerbang. 
Ibunya Ellen Blackmore Batten adalah seorang seniman dan ayahnya Frederick Harold Batten adalah seorang dokter gigi.

 Setelah mendapatkan ijin terbang sebagai pilot untuk jenis pesawat pribadi dan pesawat komersil pada tahun 1932 di London, Jean Batten lalu mulai melakukan terbang solo untuk memecahkan rekor dunia terbang solo dari Inggris ke India. 

Kemudian berbagai rekor dunia ia pecahkan seperti wanita pertama yang terbang dari Inggris ke Australia di tahun 1934 dan dari Australia ke Inggris pada tahun 1935.
 Di tahun yang sama pula Batten juga mencatatkan diri sebagai wanita pertama yang paling cepat terbang melintasi samudra Atlantik di bagian selatan dari Afrika ke Amerika Selatan. 

Tahun 1936 ia mencatatkan diri sebagai penerbang pertama yang berhasil melakukan terbang langsung dari Inggris ke Auckland, Selandia Baru.
 Berbagai prestasi dan penghargaan diraih oleh Jean Gardner Batten dibidang penerbangan seperti US Challenge Trophy di tahun 1934, 1935 dan 1937, Jhonston Memorial Air Navigation Trophy di tahun 1935 dan Segrave Trophy tahun 1935. 

Batten juga menerima penghargaan Brazilian Order Of Ther Southern Cross di tahun 1935. Tercatat sebagai anggota ksatria kehormatan dari pasukan elit Legiun Prancis. Pada tahun 1972 semua data dan arsip tentang Jean Batten tersimpan secara rapi dan lengkap pada museum Royal Air Force dan British Airways.
Sang legenda ini akhirnya tutup usia pada 22 November 1982 di Majorca, Spanyol.
Share:

0 comment:

Post a Comment